KULIAH PARIWISATA, BISA APA ?

Halo semuanya, sudah cukup lama saya tidak bergelut di dunia blog. sejak akhir 2017 selepas saya magang di Kementerian Pariwisata saya lebih banyak fokus di dunia pendidikan.
tahun 2019 kemarin tepatnya pada September 2019 saya alhamdulillah di wisuda.
sudah sarjana dong, hehehehe

oh iya, untuk teman-teman yang masih bingung mau kuliah atau melanjutkan studinya di kampus mana, saya sarankan di dunia pariwisata sih,
kampus pariwisata? emangnya bisa apa?

intro dulu nih, kenalkan saya Andi Rury Rudansy atau orang orang sering memanggil saya Rury. saya adalah alumni dari kampus Politeknik Pariwisata Makassar. saya pertama kali masuk kampus pada tahun 2015 dan lulus 2019. 4 tahun pas dong, hehehe

mengapa kampus pariwisata? soalnya kuliah di pariwisata itu seruh
pokoknya tidak akan bosan deh kuliah di kampus pariwisata.
saya kemarin mengambil jurusan Manajemen Kepariwisataan, kerjaannya itu lebih ke proses pengembangan suatu destinasi pariwisata.
selama kuliah di kampus pariwisata, saya tiap semester pasti mengadakan yang namanya observasi daya tarik wisata. observasi itu kita melakukan kunjungan langsung ke berbagai daya tarik wisata yang ada di indonesia. tujuannya untuk belajar dan mengkaji suatu kelayakan studi pengembangan sebuah destinasi wisata.

biaya? kebetulan kampus saya adalah kampus kedinasan dibawah naungan langsung dari Kementerian Pariwisata. oh iya teman-teman, di Indonesia ada 6 kampus yang dibawah naungan Kemenpar loh, ada Politeknik Pariwisata Medan, Politeknik Pariwisata Palembang, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, Politeknik Pariwisata Lombok, dan Politeknik Pariwisata Makassar.

dari semua program studi yang ditawarkan oleh kampus pariwisata juga ada berbagai macam
misalnya nih, ada Program studi (prodi) manajemen jasa perjalanan, Manajemen Bisnis Perjalanan, Manajemen Destinasi Pariwisata, Manajemen kepariwisataan, Manajemen Konvensi dan Perhelatan(MICE), Manajemen Perhotelan, Manajemen tataboga, Manajemen Devisi Kamar, dan F&B service.

gimana? banyak pilihan jurusan kan? kalau untuk prospek kerja sendiri, tergantung jurusan sih, misalnya kalau teman-teman suka jalan jalan, yah ambil jurusan yang perjalanan, kalau suka pertunjukan atau perhelatan, silahkan ambil jurusan Mice, kalau suka dengan Pemerintahan yang mengurusi dunia Pariwisata, silahkan ambil jurusan Kepariwisataan, kalau suka dunia perhotelan juga silahkan ambil jurusan perhotelan.
kuliah di pariwisata itu seruh.

untuk teman-teman yang ingin bertanya lebih jauh, silahkan DM di instagram @andi.rury atau Andi Rury Rudansy

terimakasih, salam sukses

Komentar